Posted by : Sri Chandani Khan Kamis, 17 Desember 2015


Dalam kehidupan sehari-hari tentu berbagai macam kebutuhan harus kita penuhi. Sebagai konsumen yang baik kita juga harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai proses produksi suatu barang yang kita gunakan. Kali ini saya akan memaparkan proses desain hingga permodelan satu barang setengah jadi. Saya mengambil contoh pada bagian dari alas kaki yakni yang dikenal dengan istilah outsole atau yang akrab disapa orang Indonesia sol.
Sol, merupakan Bagian terbawah dari sepatu yang berhubungan langsung dengan permukaan yang kita pijak baik itu tanah, aspal, semen dan lain sebagainya. Karakteristik outsole yang baik antara lain: Cengkeraman (grip), daya tahan, dan tahan air. Untuk sebuah sepatu, bahan yang digunakan pada outsole biasanya merupakan gabungan dari beberapa bahan untuk menyesuaikan dengan model, warna dan fungsi yang diinginkan, antara lain ada yang berbasis plastik, karet/rubber, sponge.

Salah satu contoh desain sol yang menduduki puncak saat ini ya tentu saja sepatu dengan merek Nike. Nike pelopor sepatu yang berkualitas tinggi dimana desain sol sepatu saja dibuat dengan penelitian yang menyesuaikan dengan ergonomis kaki pengguna,  serta ketahanannya. Contoh desain sol sepatu futsal Nike dengan type Mercurial Vapor Superfly III seperti gambar dibawah ini:





 Desain permukaan paling bawah dibuat bergerigi bertujuan sebagai anti-slip. Bagian paling atas dibuat seperti cengkraman hal ini supaya ketahanan sepatunya lebih terjaga.
Hmm,,, melihat desain outsole sepatunya saja sudah membuat penasaran bukan? Tentu saja merek sepatu ternama ini mendesain para primadonannya menggunakan teknologi CAD ( Computer Aided Design) dan CAM (Computer Aided Manufacturing) yang semakin mendukung detail dari setiap produk yang dibuat. Dimana bahan yang digunakan karet spons yang beratnya lebih ringan daripada karet biasa, sifatnya awet, anti slip, serta ketahanan terhadap suhu tertentu. Kita tunggu saja peluncuran sepatu futsal Nike type Mercurial Vapor Superfly III.

Daftar Pustaka



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 It's My World - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -