Posted by : Sri Chandani Khan Sabtu, 16 Januari 2016


Games, siapa  yang enggak suka sama game? Dari zaman dahulu games yang dimainkan secara tradisional ampe sekarang yang udah pake alat canggih seperti handphone, komputer bahkan tablet. Diawal era kemunculan penggunaan smartphone dan tablet muncul pula salah satu games yang namanya Angry Birds usungan dari salah satu perusahaan terkenal Rovio Entertainment. Waaahh namanya aja udah Angry Birds kalo diterjemahin sih kurang lebih Burung Pemarah. Hmm sereemm yaa? Eits tapi tunggu dulu pengunduh permainan ini mencapai  lebih looh. Kok bisa ya? Penasaran kan? Yuk kita simak  fakta unik apa aja yang dimiliki games Angry Birds ini.
Michael Chorost, Ph. D seorang ahli Psikologis  menjelaskan bahwa ada 4 faktor utama yang memicunya seorang tertarik bahkan menjadi adiktif terhadap permainan Angry Birds ini yaitu : sederhana tanpa perlu proses belajar, memenuhi insting primitif dengan menghancurkan para babi, physics di game dibangun sangat realistis, dan desain karakter yang lucu.
Pernyataan seorang ahli psikologis kelahiran New Jersey ini benar adanya. Bagaimana tidak? Permainan angry birds ini benar-benar sangat sederhana kita hanya perlu menekan burung yang berada diketapel kemudian ditarik dan tuuuiiingg angry bird menjatuhkan si babi. Uji cobalah terhadap anak kecil maupun lansia pasti mereka langsung paham cara meinnya tanpa kita jelaskan. Setiap permainan dimulai terdapat prolog yang berdurasi beberapa detik dimana antara 1 level ke level lainnya saling berkesinambungan.
Pemain yang tentunya berkarakter lucu dan unik disertai suara yang khas tuiiiiiiingwwww atau suara cekikikan menjengkelkan dari si babi menjadi salah satu primadona games ini untuk mempertahankan tahtanya.





Gambar 1 Grafik Pengunduh Angry Birds sampai tahun 2013
Segi desain yang sederhana serta bertentangan dengan aslinya, fakta unik selanjutnya dari angry bird. Pemain  yang utama berwarna merah yang tentunya dinamai angry bird, sang musuh si babi berwarna hijau. Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan warna pada sebuah design publikasi adalah sebagai berikut :
  1. Pemahaman tentang psikologi warna
  2. Penggunaan warna yang harmonis dengan element design yang ada
  3. Pemanfaatan kontras pada warna

Mari kita check satu persatu syarat pemilihan warnanya, memenuhi atau tidak, dalam segi psikologis tentu benar buktinya banyak sekali pengguna games ini serta berbagai penelitian yang melansir bahwa angry birds dapat mencerdaskan otak dikutip dari TEMPO.CO, New York . Penggunaan warna yang harmonis serta pemanfaatan kontras pada warna terpenuhi. Perlu bukti? Yuk kita simak tampilan pada permainan angry birds ini. Benar-benar harmonis dan kontras ya kan? ^-^


Gambar 2 Tampilan Permainan Angry Birds 

Beberapa fakta unik dari sang burung pemarah ini telah dipaparkan diatas. Bagaimana semakin tertarik bukan dengan games yang satu ini?. Rovio juga terus berupaya untuk mengupdate permainan ini salah satunya games angry birds versi  back to school yang katanya didukung oleh media online. Semoga segera dirilis ya ^-^.
Referensi:


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 It's My World - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -