Posted by : Sri Chandani Khan Sabtu, 23 Januari 2016


Melihat kedua logo tersebut pasti perhatian kita langsung tertuju pada sebuah mobil mewah. Iyapp memang benar sekali Mercedes-Benz atau yang lebih dikenal dengan istilah Mer-C dan Ferrari itu brand  ternama dalam dunia automotif. Namun, kenapa sih Mer-C menggunakan lambang tiga bintang serta Ferrari yang kelihatan gagah dengan lambang kuda jingkraknya? Yuk kita simak saja pemaparan berikut ini mengenai arti dari lambang kedua logo tersebut beserta sejarahnya.
Pertama kita paparkan dulu si Elegan Merci yang berasal dari Negara Jerman. Berkaca pada sejarah yang sangat panjang Merci ini awalnya bernama DMG singkatan dari Daimler Motoren Gesellschaft perusahaan yang didirikan oleh Gottlieb Daimler. Sedangkan nama Mercedes itu diambil dari nama putri Emil Jellinek ( cucu Gottlieb Daimler yang juga pengembang pada perusahaan DMG). “Mercedes” dalam bahasa Spanyol atau “Merci” dalam bahasa Perancis mempunyai arti yang positif, yaitu “penuh rasa terima kasih” atau dalam bahasa Latin yang berarti “anugerah yang menyenangkan”. Tambahan nama Benz itu menunjukan keluarga Sang Pendiri DMG yang berawal dari putranya Carl-Benz. Nama Mercedes itu sendiri  resmi diluncurkan pada 22 Desember 1900 yang kemudian dipatenkan pada tahun 1902.
Untuk logo Mercedes-Benz sendiri  yang mengandung tiga bintang penunjuk sejarahnya berawal pada sekitar tahun 1870 Gottlieb Daimler mengirim kartu pos untuk istrinya dan memberikan logo tiga bintang penunjuk di atasnya. Itu adalah keinginannya untuk melihat tiga bintang penunjuk di atas semua pabrik-pabrik mereka, yang menunjukkan kemenangan mereka atas “darat, laut, dan udara”.
Penggunaan warna putih itu sendiri secara psikologis memiliki arti aman, murni, dan bersih. Yang dalam ilmu kelambangan warna putih juga berarti kepercayaan dan kemurniaan.
Maka berdasarkan filisofi itu untuk penggunaan lambang merek dagang Mercedes-Benz tetap menggunakan tiga bintang penunjuk arah sebagai salah satu bentuk penghormatan untuk ayah mereka yakni sang pendiri DMG meski seiring perkembangannya mengalami beberapa perubahan dari tahun ke tahun seperti gambar dibawah ini:

Kedua mengenai lambang pada mobil Ferrari terinspirasi dari penggunaan lambang kuda jingkrak pada sebuah sayap pesawat tempur angkatan udara Italia pada Perang Dunia I sehingga Enzo Ferrari sang Pemilik perusahaan disuruh oleh ibunya untuk menempatkan lambang kuda jingkrak pada mobilnya dengan harapan sebagai pembawa kemenangan.
Keunikan pada logo Ferrari sendiri dari awal pembentukannya yakni tahun 1947 sampai sekarang tetap menggunakan lambang yang sama. Namun ada versi lain dalam logo Ferrari yakni tambahan tulisan SF yang berarti Scuderia Ferrari emblem ini digunakan dalam dunia balap F-1.



          

Makna penggunaan warna pada lambang Ferrari adalah warna hitam pada kuda berarti duka di pesawat tim Baracca setelah sang pilot tewas dalam pertempuran. Latar belakang warna Kuning warna simbolis Modena tempat kelahiran Enzo. Serta Simbol dimahkotai dengan strip putih, hijau dan merah yang melambangkan warna nasional Italia . Secara garis besar dalam ilmu Color Emotion Guide Ferrari termasuk kedalam kategori pemilihan warna Kuning yang secara psikologis memiliki arti intelek, kesegaran, dan kegembiraan. Serta dalam ilmu kelambangan menggambarkan  kehormatan dan kesetiaan.
            Demikian pemaparan saya mengenai logo Mercedes- Benz dan Ferrari semoga menambah wawasan kita semua ya ^-^.


Referensi:







Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 It's My World - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -