Posted by : Sri Chandani Khan
Senin, 25 Januari 2016
Membuka
lembaran masa kecil dulu ketika Ibu menyuapi makan pasti mengatakan “Aaaaaaaa”,
kemudian ketika makanan masuk kemulut Ibu berkata “Am”. Memori itu yang
menginspirasi saya untuk membuat sebuah desain logo. Logo ini dibuat untuk
sebuah merek dagang kue tradisional khas tataran Sunda di masa yang akan
datang.
“Kuehna Urang Sunda” itu berarti Kue
orang Sunda, namun bukan berarti panganan ini hanya ditujukan untuk orang Sunda.
Penggunaan kalimat itu menandakan bahwa ini loh
kue khas dari Sunda.
Saya
tertarik akan potensi kue tradisional yang rasanya lezat, beraroma khas namun
monoton tidak ada sesuatu gebrakan yang bisa memunculkan pemasaran kue
tradisional itu secara luas.
Penggunaan
warna Merah dan Biru pada logo ini memiliki efek emosional pangsa pasar yang
ingin saya tuju tentunya dalam bidang kuliner. Merah memiliki arti Aksi,
Petualangan, agresif, Darah, Bahaya, Energi, semangat, Cinta, Hasrat, Kekuatan
dan Tenaga. Sehingga dapat menarik perhatian para pelanggan yang dapat
meningkatkan gairah serta rasa lapar. Biru menggambarkan rasa tenang,
berwibawa, percaya diri, kesetiaan dan kesuksesan.
Dengan
penggunaan nama AM dipadu padankan dengan penggunaan merah dan biru pada logo itu terselip harapan semoga sesuatu
yang khas dari daerah dapat mendunia dengan kesetiaan terhadap warisan budaya
yang dapat menuai kesuksesan.