Posted by : Sri Chandani Khan Sabtu, 16 Januari 2016

 Kesuksesan serta Kematian Flappy Birds

Satu lagi games yang fenomenal hingga membuat jutaan orang tertarik untuk mengunduh serta memainkannya yakni Flappy Birds. Sebenarnya apa sich games flappy birds itu?
Flappy Bird dibuat oleh Dong Nguyen, pemuda 29 tahun yang berasal dari negeri Vietnam di bawah nama Gears Studios, yang bukanlah nama sebuah perusahaan, melainkan hanya Nguyen seorang.
Pernahkah anda mencoba bermain games ini? Menurut pengalaman sebagian besar penggunanya games ini tergolong games yang rumit. Hingga terjadi beberapa kasus pengguna frustasi, kesal gara-gara games yang satu ini. Bagaimana tidak? Perlu konsentrasi penuh dalam memainkannya meski hanya untuk melewati tiang pertama. Namun karena tingkat kesulitannyalah membuat games ini sukses di pasaran.
Flappy Bird sangatlah sederhana dengan tampilan yang hanya terdiri dari tiang rintangan serta sang Flappy Birds yang siap terbang. Cara memainkannya cukup hanya hold and tap yakni tahan dan tekan. Namun meski permainan ini mudah untuk dimainkan tapi ingat sulit ditaklukan.
Selalu menantang para pengguna, karena patokan nilainya tidak melalui level namun poin. Setiap poin juga memberi tahu betapa buruknya permainan anda.
“Oh, you got two points? You suck”
“Oh, you got 25 points? You suck”
“Oh, you got 100 points?! Wow! You still suck!”
Saat dimana Flappy menunjukkan poin, Anda akan merasa gagal dan ingin memperbaikinya. Dan saat Anda ingin memberitahu semua orang: “Hei! Aku mendapat 20 poin!”, tapi di internet, selalu ada seseorang yang lebih baik daripada Anda.
Jika Anda perhatikan, ketika bermain Flappy Bird, hanya ada tiga tombol pada layar. Total, untuk seluruh game, ada Start, Score, Rate, Pause, Tap, Oke, dan Share. Hanya tujuh tombol. Ini adalah bentuk dedikasi Dong Nguyen untuk kesederhanaan dan juga hal yang membuat game ini menjadi viral. Dalam game lainnya, pengguna akan dengan mudah kewalahan oleh pilihan game yang ditawarkan. Apakah Anda ingin mengambil screenshot? Apakah Anda ingin berbagi poin dengan teman-teman dekat Anda? Apakah Anda ingin melihat leaderboards? Apakah Anda ingin mendapatkan petunjuk untuk level ini? Mekanisme game ini membuatnya gampang dimainkan lagi dengan segera.

flappy-bird-screeshot
Gambar Tampilan Games Flappy Birds
Dari sisi desain meski kualitasnya biasa saja bukan HD namun dari segi pemilihan warna cukup baik, paduan warna hijau, kuning, putih dan biru beresonansi dengan harmonis. Membuat mata para pengguna nyaman. Keunikanya juga telihat dari burung yang dimainkan bergantung kepada gravitasi dimana jika burung jatuh permainan selesai dan dianggap  mati.
Pada 1 Februari 2014, Flappy Bird menjadi game gratis nomor satu di App Store di 53 negara. Hal-hal lain yang mendukung kesuksesan games ini tidak terlalu banyak iklan serta aplikasi yang gratis.
Namun sangat disayangkan tamparan keras dari para pengguna yang merasa benci terhadap games ini membuat sang innovator Nguyen muak dibuktikan dengan beberapa jam setelah Nguyen merilis pembaruan Flappy Bird, tampaknya ia mulai membenci game tersebut. Kebencian Nguyen padaFlappy Bird terlihat pada 8 Februari 2014. "Saya bisa mengatakan,Flappy Bird adalah keberhasilan saya. Tetapi, ia juga meruntuhkan kehidupan sederhana saya. Jadi, sekarang saya membencinya," tulis Nguyen di akun Twitter-nya.
Sekitar pukul 02.00 pagi waktu Hanoi, tanggal 9 Februari, Nguyen membuat pengumuman yang sangat mencengangkan. Ia akan mencabut Flappy Bird dari toko aplikasi App Store dan Play Store dalam waktu 22 jam ke depan.
Alhasil sekarang permainan flappy birds tidak ada lagi di play store. Namun semoga Nguyen tetap berdedikasi untuk memperbaharui atau membuat games yang fenomenal kembali.

Referensi:


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 It's My World - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -